SDFSDFSD

SDFSDFSD

Senin, 06 Oktober 2014

CONTOH MAKALAH KESEHATAN PRIBADI

BAB I

PEBDAHULUAN

1.1     Latar Belakang

 Kesehatan adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup manusia, baik kesehatan pribadi maupun kesehatan lingkungan. Manusia dapat beraktifitas dengan baik apabila tubuhnya sehat. Kesehatan badan akan terjaga jika pemeliharaannya sesuai dengan anjuran pakar kesehatan.
Begitu pentingnya arti kesehatan sehingga di sekolah-sekolah pendidikan kesehatan telah menjadi bagian dari kurikulum. Di Sekolah Dasar kesehatan pribadi menduduki peran penting, guru dituntut untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam diri anak, karena tidak dipungkiri masih banyak anak-anak yang kurang peduli menjaga kesehatan pribadi mereka sehingga mereka mudah terserang penyakit.

1.2     Tujuan Penulisan

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kesehatan Jasmani, selain itu penulis memiliki bebrapa tujuan diantaranya ingin mengetahui cara-cara merawat kesehatan anggota tubuh.



BAB II

PEMSAHASAN


2.1    Pendidikan Kesehatan

a.       Pengertian
Pendidikan kesehatan adalah usaha yang diberikan berupa bimbingan atau tuntutan kepada seseorang atau anak didik tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek pribadi (fisik, mental, sosial) agar dapat tumbuh dan berkembang secara harmonis.
b.      Tujuan Pendidikan Kesehatan
-          Meningkatkan pengetahuan anak didik tentang ilmu kesehatan termasuk cara hidup.
-          Menananmkan dan membina nilai dap sikap mental yang positif
-          Menanamkan dan membina kesehatan hidup sehat sehari-hari.
-          Meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan dan perawatan kesehatan.
c.       Manfaat dan kegunaan Pendidikan  Kesehatan adalah untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.

2.2    Kesehatan Pribadi

a.       Kesehatan Kulit
Untuk menjaga kesehatan kulit agar selalu bersih adalah dengan mandi minimal 2 kali sehari, mandi berguna membersihkan debu yang melekat pada badan, juga menghilangkan keringat. Sebaiknya mandi menggunakan sabun.
b.      Kesehatan Rambut
Dilakukan dengan keramas minimal seminggu sekali dengan menggunakan shampo atau obat-obatan lain.
 c.       Kebersihan Kuku
Sebaiknya bagi anak didik memotong kukunya pendek, dilakukan seminggu sekali dan dibersihkan dengan sehat yang lembut dipinggir daun kuku.
d.      Kebersihan Mata
Membersihkan mata dengan air bersih atau boorwater secara rutin adalah kebiasaan yang baik agar terhindar dari penyakit yang menyerang mata. Beberapa penyakit mata diantaranya adalah :
o   Alergi di mata
o   Gangguan visus
o   Konjungtivitis
o   Luka pada mata
o   Saluran air mata tersumbat
e.       Kebersihan rongga mu!ut dan gigi
Dilakukan dengan cara berkumur dan menyikat gigi. Menyikat gigi dengan odol dan pilih sikat yang sesuai dengan bulu yang lunak. Menyikat gigi dilakukan setelah makan dan sebeliam tidur pada malam hari. Menggosok gigi juga ada aturannya, terlalu keras dan lama tak membuat kotoran segera menyingkir sebaliknya malah melukai gusi dan merusak gigi.
Kelompok " ilmuan dari Newcastle Univercity selama satu bulan menggelar pengamatan terhadap 12 orang. Responden dibagi menjadi beberapa kelompok dengan pola gosok gigi yang berbeda-beda, yaitu responden yang hanya menggosok gigi sekitar 30 detik saja, hingga yang diatas 3 menit, hasilnya flak masih tebal menempel, kendati tekanan pada gigi semakin kuat dan makin lama menggosok, untuk itu para ilmuan menganjurkan agar kegiatan bersih-bersih ini cukup dilakukan paling lama sekitar 2 menit saja.
f.       Kebersihan Telinga
Membersihkan lubang telinga sebaiknya dengan menggunakan air yang masak yang dingin atau dengan obat tetes telinga. Tahi telinga bersifat lehat, liat dan berguna menahan binatang atau kotoran yang masuk ke dalam telinga oleh karena itu jangan terlalu sering dibersihkan hanya cukup 2 minggu sekali.
Diantaranya penyakit telinga adalah :
o   Congek di telinga
o   Gangguan pada lubang anting-anting
o   Nyeri telinga
o   Telinga perenang
g.     Kebersihan Hidung
Hidung dibersihkan menggunakan kain halus atau menghirup air lalu disemprotkan keluar. Penyakit hidung diantaranya adalah mimisan, simusitis.
h.      Kebersihan tangan dan kaki
Mencuci tangan sebelum makan dan mencuci kaki sehabis bermain atau kerja dan sebelum tidur.
i.        Pemeliharaan Pakaian
Pakaian yang memenuhi syarat kesehatan :
o   Tidak merusak kulit
o   Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar
o   Mudah dicuci dan dirapihkan
o   Warna sesuai dengan warna kulit, usia pemakai
o   Pakaian yang sehabis dipakai di cuci
o   Sepatu atau sandal selalu dibersihkan
o   Jangan menaruh pakaian yang bekas dipakai kedalam lemari.
o   Sediakan tempat khusus untuk baju, sepatu dap topi.
o   Kosongkan saku-saku
o   Pakaian yang disimpan dalam lemari selalu dalam keadaan bersih dan kering.
o   Periksalah semua tas, sepatu, topi apakah sudah bersih atau rapi.
 
j.        Makanan dan Minuman Sehat
v  Fungsi Makanan Bagi Tubuh
Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk meinghilangkan rasa lapar tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran makan proses yang terjadi di dalam tubuh.
Untuk dapat hidup sehat bisa mencapainya melalui kegiatan olahraga yang teratur, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Makanan bergizi terdiri dari makanan yang meliputi empat unsur makanan sehat ditambah satu unsur pelengkap bisa kita sebut empat sehat lima sempurna.
v  Kegunaan makanan yang masuk kedalam tubuh dikelompokkan sebagai berikut :
1)      Makanan sebagai sumber tenaga terutama mengandung hidrat arang seperti beras, jagung, terigu, dan lain-lain.
2)      Mananan sebagai sumber pembangun.
3)      Protein digunakan sebagai bahan pembangun pembentukan sel-sel jaringan tubuh yang baru.
4)      Makanan sumber zat pengatur
a.       Vitamin dan garam mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil, namun mutlak diperlukan tubuh.
b.      Fungsi air bagi tubuh
Air adalah bagian yang penting dari semua sel tubuh. Air digolongkan sebagai bahan pembangun, sebagai zat pengatur dan mengatur dan merupakan bahan pelarut. Air harus memenuhi syarat kesehatan adalah sebagai berikut : penuh, tak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mineral yang berbahaya, tidak mengandung bibit penyakit.


BAB III

PENUTUP


3.1     Kesimpulan

Pendidikan kesehatan adalah usaha yang diberikan berupa bimbingan atau tuntutan kepada seseorang atau anak didik tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek pribadi agar dapat tumbuh dan berkembang secara harmonis.
Kesehatan pribadi adalah tuntutan kepada seseorang tentang kesehatan yang meliputi aspek fisik agar dapat tumbuh dan berkembang secara harmonis.
 Kesehatan pribadi meliputi :
o   Kebersihan kullt
o   Kebersihan rambut
o   Kebersihan kuku
o   Kebersihan mata
o   Kebersihan rongga mulut dan gigi
o   Kebersihan telinga
o   Kebersihan hidung
o   Kebersihan tangan dan kak

3.2     Saran

Guru harus peduli terhadap kesehatan anak didiknya dan menganjurkan anak didiknya untuk memeriksa kesehatan pribadinya secara rutin.



KATA PENGANTAR





Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dengan lancar. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW.
Dalam penyusunan makalah ini penulis mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu penulis ucapkan terima kasih terutama kepada Dosen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Dengan segala kerendahan hati dan penuh harapan semoga makalah ini bermanfaat. Penulis menyadari di dalam makalah ini masih banyak kekurangan sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan makalah ini.




Tasikmalaya,      Oktober 2014

             
Penulis


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR.....................................................................................      i

DAFTAR ISI....................................................................................................     ii


BAB I PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang.................................................................................     1
1.2         Tujuan Penulisan..............................................................................     1

BAB II PEMBAHASAN

2.1         Pendidikan Kesehatan.....................................................................     2
2.2         Kesehatan Pribadi............................................................................     2

BAB III PENUTUP

3.1           Kesimpulan.....................................................................................     6
3.2           Saran...............................................................................................     6



MAKALAH

KESEHATAN PRIBADI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PENJAS)

Dosen : H. Iwan Sumantri





 

 logo






Disusun Oleh :
Nama    : nartika
Kelas    : 2 – G
NIM     : 05123865




UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

KAMPUS TASIKMALAYA

 2013/2014

2 komentar: